Tutorial Membuat Sofa Sederhana dengan Blender

MEMBUAT SOFA DENGAN BLENDER


Hai bro, apa kabar? mudah mudahan kita semua dalam keadaan sehat ditengah Pandemi COVID19 ini. Untuk menemani waktu kalian selama belajar atau bekerja di rumah, kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara membuat objek dengan aplikasi blender yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Objek yang akan kita buat adalah salahsatu perlengkapan furniture yang sangat penting yaitu sofa. Daripada menunggu lama, langsung saja kita bahas langkah - langkah nya berikut ini !

Dalam membuat model sofa ini, tentunya kalian harus menginstall dulu aplikasi blender nya, kemudian kalian juga harus menyiapkan tekstur yang akan kita gunakan untuk menghias objek agar tidak monoton, untuk tekstur bisa di download di halaman web textures.com .

Nah, setelah semuanya siap, buka aplikasi blender yang sudah kalian install, tampilan halaman awalnya seperti ini ( saya menggunakan versi 2.8)


Setelah kita buka, kita pilih general, sehingga tampilan nya akan muncul seperti ini


Pada tampilan awal, kita otomatis sudah disiapkan sebuah objek berbentuk kubus. Bentuk tersebut harus kita ubah dulu bentuknya menjadi sebuah balok, caranya dengan menekan tombol S kemudian Z pada keyboard, tarik panah garis Z ke bawah, sehingga kubus menjadi balok seperti gambar dibawah ini.


usahakan bentuk nya proporsional. untuk membuat bentuknya agar lebih menyerupai bantal kursi, pilih menu modifier di bagian kanan (yang icon kunci inggris), kemudian pilih add modifier. Nanti akan muncul menu seperti dibawah.


Setelah itu pilih subdivision surface, tampilannya seperti dibawah.


untuk membuat pinggiran nya menjadi terlihat rapi, ubah nilai render dan viewport menjadi 3.


bisa dilihat, tampilan nya menjadi lebih rapi. Kemudian kita ganti mode ke edit mode dengan menekan tombol tab, ubah view posisinya mengahadap ke garis x kemudian tekan ctrl+R, scroll mouse ke depan, bagi menjadi dua bagian, kemudian klik kiri dan klik kanan, sehingga tampilan nya seperti ini


setelah itu, tekan tombol S Y, tarik garis sumbu Y sampai mentok garis pinggir seperti ini. 


lakukan hal yang sama pada sumbu Z. 

Setelah selesai membuat objek tersebut, kemudian duplikat objek tersebut untuk membuat sandaran sofa, cara menduplikatnya yaitu dengan menekan tombol shift+D, kemudian geser dan tekan tombol R Y 90, sehingga posisinya menjadi 90 derajat. Kemudian geser objek tersebut ke belakang objek pertama, dan posisinya agak dimiringkan, sehingga membentuk seperti ini.


kemudian duplikat kedua objek tersebut, dengan menekan shift+D kemudian geser ke posisi sebelahnya, buat dua duplikat dan susun seperti ini.


kemudian kita buat bagian penyangga belakangnya, dengan duplikat objek tempat duduk, dan sesuaikan ukuran nya, taruh dibelakang seperti ini.


Pada gambar diatas, posisi penyangga belakang kelihatan tidak rapih, untuk membuatnya supaya rapih, ubah ke edit mode kemudian tekan ctrl+R dan posisikan garis potong seperti ini.


kemudian tarik sumbu Y ke arah kursi. sehingga seperti ini 


lakukan juga pada bagian bawahnya.


Nah sudah terlihat rapi kan, kemudian atur saja semernarik mungkin. Setelah itu kita buat sandaran samping sofa nya, dengan cara menduplikat objek awal dan atur posisinya sehingga seperti ini.


apabila posisinya terlalu tinggi, bisa diatur dengan menekan tombol S Z kemudian atur saja agar rapi.
 Setelah itu kita buat kaki sofa nya. Untuk membuat kakinya, kita memerlukan objek baru. untuk menambah objeknya, pilih add > mesh > cylinder, maka akan ada objek baru seperti ini.


kemudian kita atur ukuran nya dengan menekan tombol S dan sesuaikan ukuran nya agar proporsional, dan letakan dibawah sofa seperti berikut ini.


Setelah itu kita ubah bentuknya lagi agar seperti kaki sofa minimalis, dengan masuk ke edit mode, kemudian pilih objek tersebut, tekan Z klik di sudut bawah, tekan B drag area yang ikin diubah kemudian tekan S Z atur posisinya menjadi proporsional. 

Setelah itu tekan shift+D dan duplikat semua kaki sofa ke tiap sudut seperti ini.

Nah sofa nya sudah jad. Agar semua objek nya menyatu, kita gabungkan dulu semuanya dengan cara klik pada salah satu objek, tekan shift sambil klik objek yang lain, setelah itu tekan ctrl+J. Nah sekarang kita ganti warna sofa nya dengan tekstur yang sudah kita persiapkan. ubah ke tampilan view port shading, kemudian pilih menu materials (icon bulat), pilih base color, dibagian ini pilih image texture. Setelah itu klik icon folder, dan pilih file textur atau gambar tersebut. maka tampilannya akan seperti ini (disini saya menambahkan lantai dan dinding)


Akhirnya sofa yang kita buat telah selesai. Kalian bisa menambahkan beragam objek lainnya, agar tampilannya menjadi lebih menarik.

Mungkin turtorial ini sampai disini ya bro, terimakasih telah menyimak artikel ini sampai selesai. Tetap jaga kekebalan tubuh, tetap dirumah aja ya bro. bye

Comments

Popular posts from this blog

Memanipulasi photo menjadi kartun

Sekilas Tentang Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) Serta Penerapannya di Dunia Pendidikan

Cara Install GNS3 di Windows