Mengenal Aplikasi Animasi 3D Blender Bagian 1
Mengenal Aplikasi Animasi 3D Blender
Bagian 1
Apa itu Blender ?
Blender adalah aplikasi suite kreasi 3D yang open source dan gratis. Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D seperti gambar diam, animasi 3D, foto VFX, dan pengeditan video.
Blender sangat cocok untuk individu dan studio kecil yang mendapat manfaat dari penyatuan pipa dan proses pengembangan yang responsif.
Blender adalah aplikasi lintas platform, berjalan di Linux, macOS, dan sistem Windows. Blender juga memiliki persyaratan memori dan drive yang relatif kecil dibandingkan dengan suite kreasi 3D lainnya. Antarmukanya menggunakan OpenGL untuk memberikan pengalaman yang konsisten di semua perangkat keras dan platform yang didukung.
Gambar 1. Tampilan Blender
Fitur Utama Blender
- Blender adalah rangkaian pembuatan konten 3D yang terintegrasi penuh, menawarkan berbagai alat penting, termasuk Pemodelan, Rendering, Animasi & Penyesuaian, Penyuntingan Video, VFX, Pengomposisian, Tekstur, dan banyak jenis Simulasi.
- Blender adalah aplikasi lintas platform, dengan GUI OpenGL yang seragam pada semua platform utama (dan dapat disesuaikan dengan skrip Python).
- Memiliki arsitektur 3D berkualitas tinggi, memungkinkan alur kerja pembuatan yang cepat dan efisien.
- Menawarkan dukungan komunitas aktif, lihat blender.org/community untuk daftar situs yang luas.
- Memiliki executable yang kecil, dengan opsi portable
Versi Blender
Versi Blender pada awal pembuatan sebagai berikut :
- 1.00 - Januari 1994: Blender dalam pengembangan di studio animasi NeoGeo.
- 1.23 - Januari 1998: Versi SGI diterbitkan di web, IrisGL.
- 1.30 - April 1998: Versi Linux dan FreeBSD, port ke OpenGL dan X11.
- 1.3x - Juni 1998: NaN didirikan.
- 1.4x - September 1998: Sun dan Linux Alpha dirilis.
- 1.50 - November 1998: Manual Pertama diterbitkan.
- 1.60 - April 1999: C-key (fitur baru di belakang kunci, $ 95), versi Windows dirilis.
- 1.6x - Juni 1999: Versi BeOS dan PPC dirilis.
- 1.80 - Juni 2000: Akhir dari kunci-C, freeware penuh Blender lagi.
- 2.00 - Agustus 2000: 3D interaktif dan mesin waktu nyata.
- 2.10 - Desember 2000: Mesin baru, fisika, dan Python.
- 2.20 - Agustus 2001: Sistem animasi karakter.
- 2.21 - Oktober 2001: Peluncuran Blender Publisher.
- 2.2x - Desember 2001: versi macOS.
User interface
Antarmuka Blender dipisahkan menjadi tiga bagian utama, yaitu :
- Topbar di bagian paling atas.
- Areas di tengah.
- Status Bar di bagian bawah.
untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar dibawah ini
Gambar 2. Antarmuka Blender
Tata Letak Layar standar Blender. Topbar (biru), Area (hijau) dan Status Bar (merah).
Menu Editor
Blender menyediakan sejumlah editor berbeda untuk menampilkan dan memodifikasi berbagai aspek data. Selektor Jenis Editor, tombol pertama di sisi kiri header, memungkinkan Anda untuk mengubah editor di area itu. Setiap area di Blender dapat berisi semua jenis editor dan juga dimungkinkan untuk membuka jenis yang sama beberapa kali.
Lihat Antarmuka Pengguna untuk dokumentasi pada antarmuka umum.
Gambar 3. Menu Editor
Menu editor tersebut, berisi tools sebagai berikut :
General
- 3D Viewport
- Image Editor
- UV Editor
- Shader Editor
- Compositor
- Texture Nodes
- Video Sequencer
- Movie Clip Editor
Animation
- Dope Sheet
- Timeline
- Graph Editor
- Drivers Editor
- Nonlinear Animation
Scripting
- Text Editor
- Python Console
- Info Editor
Data
- Outliner
- Properties Editor
- File Browser
- Preferences
Nah, sekarang kita tahu kan seperti apa aplikasi Blender itu, mungkin artikel ini baru menjelaskan pengenalan dari Blender, untuk mengetahui lebih banyak tentang aplikasi ini, jangan lupa kunjungi terus blog kami. Cukup sekian artikel kali ini, tetap jaga kesehatan ya bro, tetap dirumah aja! Bye...
Comments
Post a Comment