Mengenal Multimedia

SEPUTAR MULTIMEDIA




Hai bro, selamat pagi salam sejahtera semuanya, kali ini kita akan membasa seputar dunia multimedia. Apa sih multimedia itu? dan Bagaimana sejarahnya? ok kita akan ulas. Cekidot!

Surat kabar adalah media komunikasi massa pertama & terpenting. Dulu teks, gambar dan grafik. Sumber utama informasi untuk masyarakat. Setelah itu, film, radio dan televisi adalah media baru di abad ke-20. Seluruh media ini mengubah seluruh dunia komunikasi massa.

Gabungan dari berbahai media menciptakan multimedia, yang komponennya adalah teks, gambar, grafik, audio dan video. Multimedia berasal dari kata "Multi" dan "Medium". Multimedia dapat didefinisikan sebagai beberapa media yang digunakan untuk mengirimkan informasi kepada pengguna secara digital. Hal ini disebut "Ikhtisar Multimedia" menunjukkan sejarah multimedia. 

Untuk Memahami makna multimedia, lihat definisi dan contoh. Multimedia adalah bidang dengan kombinasi teks, animasi, grafik, audio, video, gambar yang dikontrol komputer, dan bentuk media lainnya yang dapat mewakili, menyimpan, mengirim, dan memproses semua informasi secara digital. Bisa jadi Multimedia adalah informasi komputer yang bisa diwakili melalui animasi, audio, penambahan video hingga media tambahan seperti teks, grafik dan gambar.

Hal tersebut diberi nama "Multimedia: Integrasi Berbagai Bentuk Media" menunjukkan konsep ini dengan jelas. Berbagai bentuk multimedia sebagian besar membutuhkan ruang disk yang besar, dalam hal ini Compact Disc (CD) dan DVD dapat digunakan.

Presentasi Multimedia
Presentasi Multimedia adalah presentasi yang melibatkan klip audio dan video serta animasi dapat dianggap sebagai presentasi multimedia murni. Jenis presentasi ini memberikan dampak yang sangat positif pada audiens, karena dengan bantuan klip audio dan video, presenter dapat menyajikan dengan baik, dan pemirsa dapat memahami presentasi dengan mudah.

Software Multimedia
Perangkat lunak pendidikan melibatkan teks, audio, video dan animasi yang juga disebut perangkat lunak multimedia. Jenis perangkat lunak ini dapat membantu siswa untuk belajar dengan mudah dan meningkatkan keterampilan belajar mereka mengenai pendidikan mereka. CD Multimedia adalah contoh terbaik di mana instruksi diintegrasikan melalui bentuk teks, gambar, audio, video, animasi dan grafik.

Sistem Multimedia
Sistem multimedia mampu menyajikan informasi multimedia secara digital yang ditandai dengan menyortir, memproses, membuat, dan memanipulasi informasi atau komponen multimedia.

Karakteristik Sistem Multimedia
Terdapat 4 unsur utama sistem multimedia, yaitu sebagai berikut :
  1. Sistem multimedia harus terintegrasi
  2. Sistem multimedia harus dikendalikan oleh komputer
  3. Informasi harus berbasis digital
  4. Antarmuka harus interaktif atau menarik

Yang disebut dengan "Karakteristik sistem multimedia" menunjukkan konsep ini secara sederhana,  tanpa karakteristik ini multimedia tidak dapat menjadi efektif, bernilai atau ramah pengguna. Untuk membuat multimedia menarik, karakteristik ini harus dimasukkan.

Bidang yang berhubungan dengan multimedia yaitu :
  1. Bisnis
  2. Sales dan Presentasi Marketing
  3. Pameran Dagang
  4. Aplikasi Pelatihan ( Pendidikan, Perangkat Kursus, Simulasi, E-Learning atau Pembelajaran jarak jauh)
  5. Hiburan (Permainan, Video Interaktif, Video on demand)
  6. Perangkat Rumah ( Televisi, TV Satelit, Telepon Genggam )
  7. Tempat Umum ( Kios Informasi, Kartu Pintar )

Contoh Multimedia
Ada banyak contoh di mana multimedia memainkan peranan penting dan memberikan banyak manfaat, seperti yang diuraikan dibawah ini :

Perangkat Kursus
Perangkat kursus adalah aplikasi penting yang berguna untuk :
  1. Meningkatkan keterampilan belajar
  2. Meningkatkan pengetahuan
  3. Pelajar dapat dengan mudah memahami berbagai konsep

World Wide Web
Word Wide Web adalah kepanjangan dari WWW. WWW adalah aplikasi multimedia yang paling penting. Ada banyak fitur penting dari world wide web seperti:
  1. Penggunaannya dapat dengan mudah mendapatkan pengetahuan yang tepat dengan menggunakan World Wide Web.
  2. Memberikan informasi yang diperlukan secara instan
  3. Mudah diakses.

Koran dan Majalah Elektronik
Koran elektronik atau majalah adalah aplikasi multimedia yang sangat populer, terkenal di antara orang-orang dari segala usia. Ini berisi banyak fitur seperti:
  1. Satu-satunya media komunikasi massa yang menyediakan informasi terkini.
  2. Selalu membuat orang mendapatkan informasi terkini dari berita nasional dan internasional terbaru.
  3. Versi yang dapat digunakan kembali, menyegarkan dan mandiri atau adaptasi dari surat kabar tradisional.

Video Conference
Video Conference adalah koneksi langsung yang memungkinkan orang di lokasi yang berbeda berinteraksi untuk tujuan komunikasi menggunakan jaringan komputer. Video conference bisa berupa :
  1. Bertukar gambar dan video
  2. Komunikasi tatap muka yang memberikan partisipan untuk melihat orang lain, bahasa tubuh dan ekspresi wajah
  3. Membolehkan tiap orang untuk berkomunikasi
Film Interaktif
Hiburan sangat diperlukan untuk membuat orang bahagia. Aplikasi multimedia seperti film atau permainan interaktif adalah contoh terbaik hiburan terutama untuk anak-anak karena :
  1. Sumber kesenangan untuk anak-anak
  2. Nyaman dan bisa mendapatkan banyak pengetahuan ketika menonton film interaktif.
Nah, kalian udah sedikit tahu kan mengenai multimedia? untuk mengetahui lebih dalam mengenai multimedia, tunggu postingan selanjutnya ya. Bye.

Keep Healthy bro.

Comments

Popular posts from this blog

Memanipulasi photo menjadi kartun

Sekilas Tentang Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) Serta Penerapannya di Dunia Pendidikan

Cara Install GNS3 di Windows